Minggu, 21 Desember 2014

Cara Mengemudi yang Benar Saat Musim Penghujan


Musim hujan mulai datang dan menghantui para pengguna jalan raya, hendak nya para pengendara juga harus mengimbangi dengan perilaku mengemudi, kondisi aspal yang basah, jarak pandang yang pendek , pengendara harus lebih mewaspadai itu semua dengan lebih berhati-hati.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengemudi yang aman di waktu musim penghujan seperti ini.

Berikut tips-tips nya untuk anda :

1.     Mengemudi secara hati-hati dan sebisa mungkin menghindari pengereman secara mendadak dan membelokan kemudi secara mendadak karena bisa menggoyahkan cengkeraman kendaraan, tambah kecepatan secara halus dan rem sebelum memasuki tikungan.

2.     Pilihlah jalur yang sebisa mungkin terhindar dari genangan air, biasanya dijalur tengah dan air cenderung berkumpul di tepi jalan. Tapi jangan sampai anda menghambat pengendara lain yang melaju lebih cepat.

3.     Jaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan untuk menghindari cipratan yang akan membuat kaca kotor.

4.     Sebisa mungkin menghindari penggunaan cruise control atau pengontrol kecepatan pada saat anda di jalanan basah, teknologi ini bisa mempercepat atau memperlambat kendaraan untuk tetap dalam kecepatan yang sudah ditentukan, jika dinyalakan sistem akan mendeteksi perlambatan dan akan mencoba mempercepat lagi. Dikhawatirkan pengemudi akan kehilangan kendali sepenuhnya terhadap kendaraannya.

5.     Nyalakan lampu utama pada saat jalanan basah untuk membantu penglihatan mata pada saat sudah minim cahaya dan berkabut, gunakan lampu kabut jika perlu, usahakan tidak menggunakan lampu hazard kecuali jika mobil menjadi hambatan yang harus dihindari pengendara lain.


Itu beberapa tips yang bisa membantu anda mengemudi pada saat musim penghujan.


Baca Juga Artikel Berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar